Pages

Minggu, 13 Maret 2016

EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI STRATEGY







EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGY PERUSAHAAN 
Program; aktivitas atau langkah-langkah yang disusun secara sistematis sebagai penjabaran dari strategi. Anggaran; gambaran rinci tentang sumber dana yang dibutuhkan dan bagaimana penggunaannya.
Prosedur; sering disebut SOP, sistem dari langkah atau teknik yang berurutan tentang bagaimana suatu pekerjaan atau tugas dikerjakan
Standar Kinerja; ukuran target bersifat kuantitatif maupun kualitatif dari program yang dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan atau pencapaiannya.

Hubungan antar tingkat akhir (tujuan & sasaran) dengan alat pencapaiannya (strategi dan taktik) tidaklah mudah. Keberadaan manajemen strategi tidak untuk mendikte tujuan, sebaliknya tujuan dan sasaran harus dipengaruhi oleh peluang yang tersedia, ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam usaha pencapaian tujuan dalam perencanaan manajemen strategi antara lain :
1.Efektif dan efesiensi
Manajemen strategi disebut efektif jika hasil yang dicapai seperti yang di inginkan. Karena kebanyakan situasi yang memerlukan analisa strategi tidak statis melainkan interaktif dan dinamis, maka hubungan antara penyebab dan hasilnya tidak tetap atau pasti. Sebaliknya taktik adalah tindakan nyata yang diambil oleh pelaku dan sepenuhnya berada dibawah pengawasan pelaku. Kebalikan dari strategi, taktik adalah internal dan kriteria yang digunakan bukanlah keefektifan melainkan efesiensi
2. Keputusan dan Emplementasi
Keputusan manajemen strategi tidak berarti apa-apa tanpa implementasi. Strategi tergantung pada kemungkinan dan taktik yang potensial. Keputusan strategi harus dapat mencapai tujuannya. Aturan dalam manajemen strategi persaingan :
o Proses berfikir yang mendahului tindakan
o Pengetahuan mengenai jumlah merupkan kunci penting.
o Menejemen strategi tindakan yang dilakukan dengan cepat akan mendominasi yang lambat.
o Kemenangan harus menunjukkan nilai dari tujuan
o Menyerang hanya terhadap yang dapat diserang.
o Bertahan adalah bentuk terkuat dari persaingan
o Superioritas dalam faktor persaingan yang mendasar adalah segalanya.
o Tidak terkalahkan adalah merupakan pertahanan yang sebenarnya.
o Menajemen strategi membutuhkan pengembangan kekuatan yang unik.

Perusahaan besar selalu melakukan implementasi strategi yang diawali dengan implementasi strategi Internal.karena lingkungan internal perusahaan adalah modal dasar dan besar untuk mewujudkan plan strategi eksternal.
Banyak perusahaan yang masih kurang memperhatikan modal dasar internal mereka yang merupakan asset besar perusahaan itu.Mereka terlalu antusias mengeksploitasikan lingkungan eksternal sehingga dapat menghambat perkembangan perusahaan itu untuk dapat bersaing dengan lingkungan eksternal karena ketidaksiapan mereka dalam menata lingkungan internal perusahaan mereka.

Perusahaan pt.catur mitra sejati sentosa(mitra10) dalam hal ini memantapkan kualitas produk dan kualitas harga.dahulu sebelum mereka melakukan inovasi terhadap produk baru mereka.Apabila produk awal mereka sudah diserap oleh pasar maka akan timbul dengan sendirinya permintaan pasar yang lebih besar.sehingga bisa menunjang keberhasilan perusahaan.


Demikian penjelasan efektifitas implementasi manajemen strategy perusahaan. semoga bermanfaat.
Di Jabarkan Oleh:Miftahur Rohman Universitas NAROTAMA SURABAYA

http://rohman-2d4.blogspot.co.id/2016/03/proses-mitra10-menyusun-strategy.html
KEMBALI KE PROSES MENYUSUN STRATEGY




0 komentar:

Posting Komentar